Home » , , » Tips Merawat Baterai Laptop

Tips Merawat Baterai Laptop

Written By Mohammad Rifai on Saturday, December 7, 2013 | 3:57 AM

Baterai Laptop
Baterai Laptop
Salah satu komponen penting pada laptop adalah baterai. Ketika baterai sudah mengalami penurunan kemampuan penyimpanan dan akhirnya drop,maka kita hanya dapat menggunakan laptop jika dan hanya jika laptop kita terhubung dengan listrik melalui adaptor laptop. Dikarenakan baterai termasuk salah satu komponen penting pada laptop, maka kita perlu juga untuk memperhatikan bagaimana merawatnya supaya kemampuan meyimpan baterai tersebut tetap baik.
Untuk itu Kami sengaja memberikan beberapa tips untuk merawat baterai.


  1. Baterai laptop baru hanya berisi 70% kemampuan menyimpan listrik,untuk itu diperlukan pengisian listrik pada baterai dalam kondisi pasif, yaitu ketika laptop mati. Charge baterai selama 4 - 5 jam supaya cell-cell di dalam baterai terbuka dan dapat diisi oleh listrik, dan supaya kondisi floating battery tercapai.
  2. Jangan pernah melakukan Charge Discharge (CdC). Ketika baterai dalam kondisi terisi penuh, segera lepas adaptor laptop. Dan ketika baterai mencapai kemampuan 10% silahkan menghubungkan kembali laptop dengan adaptor laptop.
  3. Jika kita sering melakukan kalibrasi baterai, jangan sampai dilakukan hingga kemampuan baterai mencapai 0% atau benar2 kosong. Kecuali jika baterai telah mulai rusak dan tampil notifikasi silang. Karena Cycle Count juga akan mengalami penurunan.
  4. Produsen laptop telah menggunakan sistem Control Battery ke dalam baterai, dimana jika baterai telah mulai mengalami penurunan maka akan keluar notifikasi untuk segera mengganti baterai ketika pertama kali laptop dinyalakan. Oleh karena itu ketika kita menggunakan laptop dimana posisi sedang charging, charge baterai hingga penuh. Dan jika sudah penuh,segera lepaskan adaptor. Hal ini juga berguna untuk menghindari baterai menjadi kembung.
  5. Tetap tancapkan baterai, jangan pernah melepasnya jika kita sedang menggunakan laptop. Karena jika tiba-tiba listrik padam, laptop kita akan tetap menyala dan tidak mengalami mati secara tiba-tiba. Hal ini dapat menghindarkan dari kerusakan hardware lain dan baterai itu sendiri.
  6. Jangan menjalankan aplikasi yang menguras resource prosesor dan memory ketika laptop menyala hanya menggunakan baterai, supaya baterai dapat mensuplay aliran listrik laptop dalam waktu yang lama.
  7. Stabilkan suhu ruangan tempat menyimpan laptop ataupun menggunakan laptop, suhu yang terlalu tinggi sangat mempengaruhi umur baterai menjadi pendek dan cepat rusak atau drop.


Pastikan Kita dapat merawat baterai laptop dengan sebaik-baiknya, sehingga laptop yang kita miliki bisa bersama kita lebih lama dan purna jual laptop bekas nanti memiliki harga yang masih tinggi. -mr-
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2014. BC Computech | Bhuana Cahaya Komputama - All Rights Reserved
Support : Pusat Notebook Second Malang